Joint Monitoring, Pemkab Bengkalis Apresiasi Program PINTAR Tanoto Foundation

261 views

Kabar Kompas.Id – BENGKALIS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis mengapresiasi Program PINTAR Tanoto Foundation dalam upaya peningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis dalam kegiatan Joint Monitoring Program PINTAR Tanoto Foundatio, Rabu (26/10/2022).

Joint Monitoring merupakan kegiatan Program PINTAR Tanoto Foundation dengan agenda kunjungan bersama para pihak, Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan Tanoto Foudation di Sekolah mitra SMP 4 Bengkalis dan SD 11 Bengkalis untuk melihat implementasi program dan praktik baik dari Program PINTAR.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Disdik Bengkalis Agusilfridimalis menyambut baik Program PINTAR yang telah berjalan sejak tahun 2018 hingga sekarang. Banyak hal menarik dari Program PINTAR yang diaplikasikan ke sekolah-sekolah mitra dan sekolah non mitra lainnya.

“Kami mengapresiasi kepala sekolah dan guru mitra Tanoto Foundation maupun yang telah mengiplementasi Program PINTAR di Kabupaten Bengkalis, atas eksistensinya menerapkan pembelajaran aktif, literasi, dan manajemen berbasis sekolah serta pelibatan peran orangtua dan masyarakat dalam pendidikan,” ujar Agusilfridimalis.

Joint Monitoring selain dihadiri Sekretaris Disdik juga dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah Kemenang Bengkalis Lukman, Perwakilan Bappeda Bengkalis, Kepala Sekolah SMP 4 Bengkalis Wan Yusna Susila, Kepala Sekolah SD 11 Bengkalis Tarmini dan Koordinator Provinsi Riau Program PINTAR Tanoto Foundation Dendi Satria Buana.

Kepala Sekolah SMP 4 Bengkalis Wan Yusna Susila mengatakan, SMP 4 Bengkalis sejak program PINTAR di Bengkalis telah mengimplemntasikan program pembelajaran aktif, Manajemen Berbasis Sekolah, Budaya Baca, dan Partisipasi Masyarakat.

“Semua program PINTAR Tanoto Foundation telah kami terapkan dan banyak praktik baik yang dihasilkan, semuanya tidak terlepas dari dukungan Tanoto Foundation untuk memajukan pendidikan di Bengkalis,” ujarnya.

Diwaktu yang berbeda Joint Monitoring di SD 11 Bengkalis disambut baik oleh pihak sekolah. Kepala Sekolah SD 11 Bengkalis Tarmini mengatakan, pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada para pihak yeng telah memberikan dukungan dan masukan kepada Sekolah agar proses belajar mengajar di SD 11 menjadi baik, banyak hal yang dihasilkan dari Program PINTAR Tanoto Foundation.

“Kami telah mengimplementasikan Program PINTAR seperti budaya baca, kami membuat program tabungan literasi, untuk siswa yang paling banyak membaca buku dan dinilai persemester, kemudian diberikan hadiah bagi siswa yang paling banyak membaca buku,” sebutnya.

Pembahasan utama dalam kegiatan tersebut adalah Pemantauan Bersama Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Bengkalis. Bertujuan memberikan gambaran implementasi program di sekolah/madrasah mitra program PINTAR dan meningkatkan pemahaman Pemerintah Daerah terkait implementasi hasil kerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten/Kota mitra. Pemerintah Daerah melakukan sharing bersama Kepala Sekolah, Guru dan Masyarakat tentang dampak Program PINTAR di Sekolah/Madrasah Mitra.

Dendi Satria Buana, Koordinator Provinsi Riau Program PINTAR Tanoto Foundation menyatakan, Sejak tahun 2018 hingga saat ini Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Bengkalis telah berkontribusi melatih, pendampingan Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas serta Peningkatan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains.

Disamping itu juga program pengembangan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan mendemonstarsikan model-model praktik baik dalam pengajaran dan pembelajaran serta kepemimpinan sekolah. Untuk diketahui Program PINTAR Tanoto Foundation merupakan program nyata yang turut serta dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Program yang telah diterapkan oleh berbagai sekolah diterima dengan baik oleh sekolah mitra.

Program PINTAR meningkatkan capaian siswa melalui tiga pilar kerja, yaitu: Peningkatan kemampuan siswa dalam literasi, numerasi dan sains. Disamping itu juga program pengembangan sekolah bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dan kepala sekolah dengan mendemonstarsikan model-model praktik baik dalam pengajaran dan pembelajaran serta kepemimpinan sekolah. Mendorong keterlibatan orang tua untuk mendukung pembelajaran siswa di rumah dan sekolah.

Program PINTAR bekerja bersama pemerintah ditingkat nasional dan daerah dalam memperkuat perencanaan program-program pendidikan, pengembangan kebijakan, dan penyebaran praktik baik dalam pengembangan sekolah. Program PINTAR juga berperan dalam penguatan pendidikan calon guru melalui program pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Program penguatan Pendidikan Profesi Guru.(***)