APKASINDO Sampaikan Curhat Petani Sawit Riau Langsung ke Presiden Jokowi

267 views

PEKANBARU- Kabar Kompas.Id

Ketua Umum DPP APKASINDO Dr. Ir. Gulat ME Manurung, MP., C.IMA., C.APO, didampingi Dewan Penasehat DPP APKASINDO, K.H T. Rusli Ahmad., SE., MM dan Sekretaris Jenderal DPP APKASINDO Dr cn. Rino Afrino, ST., MM di Hotel Novotel Pekanbaru.

Pengurus Apkasindo tersebut melaporkan kondisi petani sawit, mulai dari harga TBS, capaian PSR, kendala dan keribetan proses PSR terkhusus setelah terbitnya Permentan 03/2022 saat APKASINDO berkesempatan berdialog langsung dengan Presiden saat mengambil momen kunjungan Presiden Jokowi ke Riau, Kamis (5/1/2023).

Point-point yang dilaporkan berkaitan dengan harga tandan buah segar (TBS), rendahnya capaian peremajaan sawit rakyat (PSR) di tahun 2022 yang nol persen dan segala kendala yang terdapat di dalamnya.

Presiden Jokowi langsung memberikan respon yang positif serta menunjukkan keberpihakannya kepada petani sawit dan menyatakan akan segera menindak lanjutinya. Untuk mempertegas komitmennya tersebut, Presiden Jokowi meminta nomor telepon Ketua Umum APKASINDO agar dapat dikomunikasikan lebih lanjut.

Gulat berharap, momen ini menjadi langkah awal untuk perbaikan industri sawit khususnya meningkatkan kesejahteraan petani sawit ke depannya di seluruh Indonesia.