Menginspirasi Anak Bangsa Melalui Pendidikan, HAN 2024 di RAPP Berlangsung Meriah

36 views

Fiber Operation Director RAPP, Mark Holmes dan Legal Compliance, Conservation, and Human Rights Head RAPP Inra Gunawan berbincang dengan siswa TK Global Andalan Pelalawan Estate.

PELALAWAN-KABAR KOMPAS.ID

Memeriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2024, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar serangkaian kegiatan yang didedikasikan untuk anak-anak karyawan dan masyarakat sekitar, dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Beragam agenda yang digelar sepanjang 31 Juli 2024 hingga 16 Agustus 2024 mendatang bertujuan untuk menginspirasi, mendidik, dan membawa kebahagiaan kepada generasi muda di lingkungan perusahaan.

Acara puncak digelar pada 6 dan 7 Agustus 2024, di Estate Pelalawan dan Estate Teso. Dalam dua hari berturut-turut, dilakukan peresmian Taman Kanak-kanak (TK), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) tingkat Sekolah Dasar (SD), dan SMP Boarding School di Estate Pelalawan, serta peresmian Daycare Estate Teso.

Serangkai dengan peresmian ini, para siswa diajak bersuka cita dan berkompetisi untuk mendorong semangat sportivitas dan kerjasama dalam beragam lomba dan penampilan menarik.

Manager Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) Jansen Yudianto, saat memberi sambutan pada momen peresmian TK, PKBM SD, dan SMP Boarding School Global Andalan Estate Pelalawan menyampaikan bahwa komitmen APRIL Group sangat tinggi terhadap pendidikan.

Segala legalitas dan secara hukum, sekolah-sekolah ini sudah terjamin.

“Semua dijalankan secara berkelanjutan dan berkembang. APRIL mengembangkan anak-anak, baik secara pendidikan formal maupun informal. Ini sesuai dengan keyakinan chairman Sukanto Tanoto dan sang istri, Tinah Bingei Tanoto, bahwa upaya penanggulangan kemiskinan yang efektif membutuhkan pendekatan holistik, salah satunya dengan pendidikan,” jelasnya, Selasa (6/8/2024).

Jansen juga memaparkan, bahwa Boarding School SMP Andalan di Estate Pelalawan adalah kelas jauh dari SMP Global Andalan Pangkalan Kerinci yang mengampu kurikulum yang sama, namun ditambahkan nilai-nilai kontekstual dan kearifan lokal.

Pada kesempatan yang sama, Legal Compliance, Conservation, and Human Rights Head RAPP Inra Gunawan mengatakan pada perayaan HAN 2024 ini, digelar beragam kegiatan yang tak luput dari upaya memenuhi hak-hak anak, yang merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM).

Salah satunya berupa Webinar HAN 2024 pada 31 Juli lalu yang diikuti dokter medical clinic estate dan perawat, Askep CS Estate dan PA, OHS Officer and environment officer estate, serta kader Posyandu estate.

“Dalam webinar dibahas tentang perilaku hidup bersih dan sehat, pentingnya imunisasi lengkap pada anak, serta pencegahan dan penanganan stunting, serta kurang gizi,” jelas Inra.

Selain peresmian sekolah, pada 8 hingga 16 Agustus nanti, juga dilakukan sosialisasi anti pelecehan seksual dan perundungan ke seluruh sekolah estate perusahaan, meliputi SD Global Andalan Estate Pelalawan, SD Global Andalan Estate Nagodang, SD Global Andalan Estate Ukui, SD Global Andalan Estate Logas, SD Global Andalan Estate Cerenti, SD Global Andalan Estate Baserah, dan SD Tunas Wana Harapan Sei Kabaro.

Peresmian TK, PKBM tingkat SD, dan SMP Boarding School di Estate Pelalawan oleh Fiber Operation Director RAPP, Mark Holmes, Corporate Communications Director APRIL, Anita Bernardus, Manager YKCK Jansen Yudianto, Legal Compliance, Conservation, and Human Rights Head RAPP Inra Gunawan, Estate Manager Pelalawan, Ricky Tohar, dan   Deputy HRBP Head Fiber & Transport RAPP, Martin.

“Harapan kita adalah agar sekolah menciptakan lingkungan belajar berkualitas dan mendukung perkembangan siswa secara holistik, yang nantinya bisa mewujudkan Indonesia Emas 2045. Memberikan pendidikan berkualitas sesuai kebutuhan khusus siswa di area perusahaan sesuai dengan komitmen APRIL2030 untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam pilar program inklusif dan mendukung keberlanjutan,” jelas Inra lagi.

Senada dengan itu, Fiber Operation Director RAPP, Mark Holmes, mengungkapkan bahwa APRIL menjalankan komitmen keberlanjutan dengan serius. Sebab, sebagai perusahaan global, APRIL tak hanya fokus pada perusahaan, tapi kepada masyarakat, pekerja dan keluarga, termasuk anak-anak dari pekerjanya.

“Saat ini kita melihat masa depan. Anak-anak ini adalah harapan kita. Para leader berasal dari sini. Mari bersama-sama mewujudkannya,” ungkapnya sembari menunjuk kepada para siswa yang ikut mendengarkan sambutannya selama acara berlangsung.

Masih kata Mark, APRIL memiliki filosofi 5C dalam beroperasi, yakni harus baik untuk Masyarakat (Community), Negara (Country), Iklim (Climate), Pelanggan (Customer), dengan demikian akan baik pula bagi Perusahaan (Company).

Mark Holmes bersama Inra Gunawan, didampingi Corporate Communications Director APRIL, Anita Bernardus, dan jajaran manajemen lainnya melakukan peresmian sekolah dengan bersama-sama menyingkap tirai penutup plang sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau beberapa ruangan di dalam sekolah.

Salah satu siswa yang ditemui di Laboratorium Komputer, Desta Telaumbanua, mengungkapkan rasa bangganya bisa bersekolah di fasilitas ini. Dia mengalihkan pandangannya dari layar komputer saat para manajemen memasuki ruang laboratorium.

“Senang rasanya bisa sekolah di sini. Kita tinggal di asrama bersama-sama dengan yang lain. Banyak hal luar biasa yang kami pelajari. Seperti saat ini, kami yang dahulu tidak tahu komputer, sekarang sudah bisa menggunakannya,” jelas Desta yang merupakan siswa kelas 7 SMP Boarding School Global Andalan Estate Pelalawan.

Pada tempat dan waktu yang terpisah, Vera Zega, salah satu kontraktor di Estate Teso Timur menyampaikan bahwa para pekerja di estate sangat mengapresiasi diresmikannya Daycare Andalan Estate Teso, Rabu (7/8/2024).

“Di Estate Teso ini, kami mendapatkan 3 T, yakni Terpeduli, Terjaga, Terpelihara, oleh APRIL. Kami bangga sebagai kontraktor di Estate Teso, terlebih setelah adanya daycare saat ini. Kami dukung penuh program ini. Kami juga berharap setelah di Teso, agar di estate lain juga ada,” harapnya.

Dia menyebut, dengan peresmian daycare ini, terbukti bahwa RAPP tak hanya peduli kepada pekerjanya, tapi juga peduli terhadap anak-anak pekerja.

“Karena mitra kerja sangat terbantu dengan adanya daycare ini. Sekarang para pekerja yakin dan merasa aman anak-anaknya dititip di daycare,” jelasnya lagi.

Perayaan HAN 2024 di RAPP yang diisi dengan beragam kegiatan merupakan wujud nyata dari upaya perusahaan dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah dan penuh harapan bagi generasi muda.

Dengan semangat HAN 2024, RAPP akan terus berupaya menciptakan program-program yang bermanfaat bagi pendidikan dan kesejahteraan anak-anak, sebagai bagian dari komitmen jangka panjang mendukung keberlanjutan.( ***)