Alumni SMAN Plus Propinsi Riau, dr. Biran Affandi Yusriono M.H Lolos Verifikasi Faktual Calon DPD RI

228 views

PELALAWAN- Kabar Kompas.Id

Salahsatu Alumni SMA Negeri Plus Propinsi Riau, dr. Biran Affandi Yusriono MH dinyatakan lolos verifikasi faktual sebagai Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah(DPD RI) dapil Propinsi Riau di pemilu tahun 2024. Pria yang berdomisili di Pangkalan Kerinci tersebut berkesempatan menjadi calon DPD RI karna dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum Propinsi Riau pada Rabu, (01/3/2023).

Biran merupakan alumni SMAN Plus Propinsi Riau tahun 2013 dan diketahui merupakan generasi ke 13 SMA Negeri Plus yang berlokasi di Jalan Kubang Raya, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau tersebut yang dikenal sebagai salah satu sekolah favorit di Riau.

Sebelumnya dr.Biran awalnya menapak pendidikan di sekolah SD Taruna Andalan Pangkalan Kerinci, SMP Binsus Bernas Pangkalan Kerinci. Setelah lulus SMA Ia menyambung pendidikannya di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang Sumbar, seakan tak puas dengan pendidikan Sarjana Kedokteran yang diraih, dr. Biran kembali kuliah di Pasca Sarjana Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru.

Pria yang akrab dipanggil dr. Biran tersebut merupakan satu-satunya bakal calon DPD RI yang masih tergolong muda dengan usia 27 tahun ia bertekat mengabdikan dirinya untuk memperhatikan kepentingan masyarakat luas, khususnya di Propinsi Riau. Karna keseriusannya, ia dinyatakan lolos verifikasi faktual KPU yang biasanya merupakan tahap paling sulit dalam tahapan bakal calon DPD RI.

Dia juga orang yang selalu aktif di berbagai relawan sosial dan kesehatan, saat ini dr. Biran Affandi Yusriono MH dipercaya menjabat Direktur Klinik Harapan Bunda, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Bidan Hj Kristina Sri Purwati dan Ayahnya H. Syamyusmar S.Sos merupakan orangtua yang berhasil mendidik dr.Biran yang juga bekerja sebagai pegawai PNS di lingkungan Pemkab Pelalawan. Dr. Biran Affandi Yusriono, MH merupakan seorang pekerja keras, luwes. Pria ini juga memiliki motto “Hidup dengan meraih mimpi , atau Mati dalam mengusahakannya”.

Diketahui dari hasil rapat pleno yang digelar KPU Riau di Pekanbaru. Dari 36 calon DPD RI, baru hanya 5 orang yang dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Riau, pengumuman verifikasi faktual pada Rabu malam lalu.

Lewat rapat pleno KPU, dr. Biran kelahiran 03 Agustus 1995 telah dinyatakan lolos hasil verifikasi faktual. Verifikasi ini merupakan pemeriksaan dan pencocokan kebenaran dokumen dukungan Pemilih dengan nama, usia, dan alamat serta pernyataan para pemilih mengenai dukungannya kepada perseorangan calon peserta Pemilu Anggota DPD yang bersifat materil.

Sebagaimana diketahui
DPD RI merupakan Lembaga legislatif, lembaga ini mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran. Sedangkan tugas dan wewenang DPD RI adalah untuk pengajuan usul rancangan Undang-Undang serta pembahasan Rancangan Undang-Undang yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Red)